Minggu, 11 Juli 2010

Mengolah Citra Landsat Hasil Download

landsat.usgs.govBarangkali praktisi RS/GIS sudah terbiasa menerima citra landsat yang sudah diolah oleh konsultan atau penyedia citra. Berkenaan dengan sudah gratisnya data landsat bahkan yang terbaru sekalipun, praktisi RS/GIS sudah harus sedikit bersinggungan dengan bagaimana mengolah data citra Landsat yang didownload tersebut sehingga dapat digunakan. Berikut adalah pointer apa yang harus dilakukan untuk mengolah data citra Landsat hasil downloadan.

  • Citra landsat yang didownload umumnya sudah digeoreferensikan. Namun untuk kepentingan lokal, georeferensi dapat dilakukan sendiri untuk lebih meningkatkan akurasi dari georeferensi yang sudah diberikan oleh penyedia Landsat (NASA/USGS). Perlu ditekankan di sini bahwa data citra Landsat yang sudah digeoreferensi oleh NASA/USGS tidak selalu lebih valid daripada kita sendiri yang melakukan georeferensi. Jika kita punya data-data valid Ground Control Points (GCPs), kita seyogyanya melakukan georeferensi sendiri.
  • Samakan Datum dan Sistem Koordinat dengan database kita. Banyak sekali data citra Landsat yang memiliki datum/sistem koordinat tidak pada zona yang kita inginkan. Semisal untuk data Landsat di tempat saya berada, Kalimantan Selatan, banyak lembaran yang sudah digeoreferensikan ke NUTM50, bukan SUTM50. Sehingga perlu dilakukan pengecekan per lembar. Jika ada yang tidak sama dengan database kita, lakukan konversi.
  • Fill Gap. Sejak tahun 2003 Landsat sudah memiliki gap yang disebabkan matinya Scan Line Corrector (SLC mode off). Mengisi gap dilakukan dengan cara mendownload beberapa lembar pada tahun yang kira-kira sama. Saya menyarankan untuk mendownload minimal 3 lembar per scene.
  • Buat komposit misalnya 543, 453, 742.
  • Buat Pan-sharpened untuk penafsiran visual. Pan-sharpened menghasilkan citra landsat beresolusi 15m. Gunakan Band 8 sebagai layer intensity.

Saya biasanya mengolah pake ER MAPPER atau ENVI dan hasilnya lumayan, Gan , ,selamat mencoba agan-agan sekalian . .

sumber :

http://www.raharjo.org/rsgis

1 komentar:

  1. Bagaimana cara membuat Pan-sharpened pada arcgis. 9.3.1 untuk penafsiran visual sehingga Pan-sharpened menghasilkan citra landsat beresolusi 15m dan kenapa harus menggunakan Band 8 sebagai layer intensity.

    BalasHapus